Ulang Janji dan Penganugerahan Penghargaan Pada Hari Pramuka Ke-51

sakabaktihusada-ulangjanjiUsia Gerakan Pramuka tahun 2012 memasuki 51 tahun, membuat Gerakan Pramuka semakin memantapkan langkah untuk membentuk karakter kaum muda, meningkatkan semangat kebangsaan dan keterampilan kaum muda sesuai tujuan Gerakan Pramuka. Salah satunya mendukung program Messengers of Peace yang digagas World Scout Foundation hingga makin banyak kaum muda yang kreatif dan memiliki keterampilan sebagai bekal masa depan.

Tahun 2012 yang merupakan perayaan Hari Pramuka ke-51 bersamaan dengan momentum 100 tahun masuknya kepramukaan di Indonesia. Seluruh Anggota Gerakan Pramuka merayakan peringatannya pada 14 Agustus dengan mengangkat tema “Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka untuk Keberhasilan Pembentukan karakter  kaum Muda”

Hajat besar tersebut membuat penyelenggaraan upacara peringatan Hari Pramuka tahun 2012 menjadi berbeda. Karena sedianya upacara akan berlangsung pada 3 September 2012 dan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Pembina Upacaranya pada kesempatan itu Panji Gerakan Pramuka akan di hadirkan dalam upacara yang dihadiri oleh ribuan peserta upacara.

Hari Pramuka 14 Agustus diisi oleh banyak kegiatan, salah satu yang menjadi tradisi adalah Ulang Janji. Kegiatan tersebut adalah saat seluruh Anggota Gerakan Pramuka mengucapkan ikrar berupa Kode Kehormatan yang merupakan janji dan komitmen diri serta ketentuan moral Pramuka dalam pendidikan Kepramukaan. Kode kehormatan yang diucapkan pada setiap pelantikan dan diucapkan ulang pada tanggal 14 Agustus tersebut terdiri dari Satya dan Darma Pramuka.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar kegiatan Ulang Janji yang diawali dengan Upacara penganugrahan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD). Tahun ini penghargaan berupa Lencana Panca Warsa diberikan kepada 34 Andalan Nasional, Pengurus Daerah dan juga Karyawan/Staf Kwarnas. Selain itu diberikan penghargaan berupa Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Panca Warsa Utama, Lencana Wiratama, Lencana Karya Bakti, dan Lencana Teladan.

Khusus untuk upacara penganugerahan Lencana Panca Warsa akan berlangsung pada 14 Agustus 2012 di Gedung Pandan Sari, TRW, Cibubur. Dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama, Tarawih dan Ulang Janji. Kegiatan Ulang Janji akan berlangsung pada di Taman Air Mancur, TRW, Cibubur pada pukul 20.00 WIB.(pramuka.or.id)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.