Praktik Navigasi Darat dan Jalan-Jalan

Jumat (31/1) diadakan jalan-jalan dan praktik navigasi.
Praktik ini diikuti sekitar 13 orang. Praktik ini, diadakan berdasarkan keinginan kolektif warga SBH Jogja untuk belajar Navigasi Darat khusus pada orientasi peta dan medan.
Perjalanan dilakukan dengan titik Kumpul di Kebon Agung, Imogiri s.d. Puncak Becici sebagai titik perjalanan akhir. Perjalanan dilakukan selama 5 – 6 Jam. Selama perjalanan peserta membawa barang pribadi, peralatan navigasi (kompas, peta topografi, protaktor), dan perlengkapan perjalanan mandiri.
Jalan-jalan ini dilakukan tanpa rute khusus, peserta dengan pendampingan diperbolehkan memilih rute sendiri. Tujuan dari pemilihan sendiri rute agar peserta memahami kondisi medan dan peta. Skenario yang dilakukan dalam perjalanan ini riil agar semua peserta merasakan kondisi nyata.
Selain jalan-jalan sambil praktik navigasi darat, peserta juga berlatih manajemen perjalanan, manajemen kelompok, dan manajemen waktu.
Peserta yang di awal bersama, terdapat beberapa yang kemudian terpencar, ada yang berjalan lebih dahulu, ada yang berjalan pelan, dan ada yang berjalan biasa. Namun secara waktu, seluruh peserta sampai pada titik perjalanan akhir (Puncak Becici) pada waktu yang sama.