Ketua Kwarda Papua, Kak Alex Hasegem beserta pengurus Kwarda Papua hadir menemui Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Azrul Azwar pada Jumat sore (18/2) di Gedung Kwarnas-Jakarta.

Selain mengabarkan perkembangan persiapan kegiatan Raimuna Nasional (Rainas), pada pertemuan yang dihadiri Ketua Dewan Kerja Nasional kemudian menetapkan tanggal 25 Juni – 1 Juli 2012 sebagai tanggal pelaksanaan Rainas ke-X di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Jayapura, Papua.

Pada kesempatan itu, Kak Alex juga menyampaikan imbauannya kepada Pramuka Penegak/Pandega untuk hadir mewakili daerahnya pada kegiatan yang sudah ditetapkan pada Musyawarah Nasional tahun 2008. “Jayapura relatif aman,  Kami buka pintu dan hati Kami  untuk siapa saja, Kami persilahkan datang,” ungkap Kak Alex Hasegem. Terlebih Kak Alex juga menjamin kenyamanan dan kemananan selama kegiatan, “Kami Kwarda Papua bertanggungjawab terhadap keamanan,” tandas beliau.

Penyelenggaraan Rainas di Papua memang menjadi istimewa. Karena kata atau istilah “Raimuna” berasal dari bahasa Papua merupakan gabungan dari kata “Rai” dan “Muna”.

“Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan “Muna” adalah daya kekuatan yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Secara singkat Raimuna dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul bersama dengan daya kekuatan yang berpengaruh baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Rainas I belangsung pada 21-26 Agustus 1969 di Cimanggis, Bogor, Jawa Barat  Setelah rutin dilaksanakan setiap lima tahun sekali, Rainas Ke-IX kemudian berlangsung pada 27-Juni -7 Juli 2008 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. (Humas Kwarnas)

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.