Kegiatan Pelatihan Krida Penanggulangan Penyakit yang diselenggarakan oleh BBTKLPP yang diikuti oleh SBH se-DIY (SBH Kota Jogja, SBH Sleman, SBH Gunungkidul, SBH Kulonprogo, SBH Bantul) yang dilaksanakan di BBTKLPP Jl. Wiyoro Lor no 21 Baturetno, Banguntapan, Bantul. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 13 Juli 2015 pukul 09.00-14.30 WIB.

Kegiatan Pelatihan Krida tersebut bertujuan untuk meningkatkan kader jumantik dalam masyarakat dengan slogan “Salam Satu-satu” yang memiliki arti 1 rumah 1 jumantik. Jadi harapannya anggota SBH setelah menerima materi dapat menerapkannya di rumah masing-masing dan lingkungan masyarakat agar Angka Bebas Jentik (ABJ) semakin meningkat.

Selain meningkatkan kader jumantik Pelatihan tersebut juga bertujuan agar SBH dapat memanfaatkan alat tepat guna yang berupa Alat Penjernihan Air. jadi harapannya anggota SBH dapat mensosialisasikan penerapan alat tersebut dalam masyarakat di daerah-daerah yang kekurangan air bersih.

Kegiatan Pelatihan Krida tersebut berupa materi tentang Penanggulangan Penyakit DBD dan praktik Penjernihan air. Materi di sampaikan oleh Pak Didik Setiawan, dari bagian Lab Pentamologi BBTKLPP. Pada kegiatan tersebut dihadiri pula Kepala Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) yaitu Bapak H.Muhammad Shubuh, MP. Ph