(16-17/3) Orientasi Tamu Satuan Karya Bakti Husada Kwartir Cabang kota Yogyakarta atau OTS SBH Jogja telah sukses dilaksanakan. 

Meski sempat hujan pada beberapa pekan terakhir, pelaksanaan ots kali ini, tidak terdapat kendala yang dihadapi dan berjalan lancar sesuai dengan rencana.

Pelaksanaan OTS dilakukan di Sanggar Among Budoyo Wukirsari, Imogiri, Bantul.
Kegiatan ini diikuti oleh 14 peserta putra dan 18 peserta putri. Mulai dari Penggalang (Terap), Penegak, dan Pandega.

Tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman generasi muda tentang kesehatan; Meningkatkan kemampuan dan keterampilan penanganan gangguan kesehatan; Wujud partisipasi Gerakan Pramuka untuk menciptakan generasi muda yang peduli kesehatan; dan sebagai kaderisasi kader kesehatan baru di lingkup masyarakat kota Yogyakarta.

Pada OTS materi yg disampaikan berupa materi kesakaan, materi ppgd, materi obat, materi gizi, dan materi phbs, serta terdapat kegiatan keterampilan kepramukaan seperti pendirian bivak dan memasak.

Peserta orientasi tamu saka dikukuhkan secara resmi menjadi tamu saka sekaligus sebagai warga saka pada hari minggu 17/03/19 melalui upacara pengukuhan yang dilakukan kak Gerry Aden R. selaku instruktur putra. Upacara pengukuhan dilakukan atas mandat dari kak Anang R. selaku pamong putra saka bakti husada kota yogyakarta karena beliau berhalangan hadir.