Awali dengan Penilaian
Yogya Emergency Services 118 (YES 118)
Yogya Emergency Services 118 (YES 118)

Akhirnya sore itu, Sabtu (21/2) 2015 bertempat di Joglo Wiyatamandala, Saka Bakti Husada Kota Yogyakarta bisa bersilaturahmi dengan kakak-kakak dari SMA Negeri 2 Yogyakarta. Tidak hanya bertemu dengan peserta didik saja, kami juga disambut oleh kakak-kakak Dewan Ambalan Fatahillah-Fatmawati. Kesempatan kali ini, SBH Kota Yoryakarta hadir mengisi materi dalam latihan rutin pramuka SMA Negeri 2 Yogyakarta.

Tidak membuang kesempatan berbagi ilmu ini, SBH Kota Yogyakarta yang diwakili oleh kak Gery Aden Rakasiwi sebagai pemateri menyampaikan materi penilaian dini. Seperti yang disampaikan oleh kak Gery, penilaian dini merupakan langkah penting yang harus dilakukan penolong dan merupakan dasar dari tindakan-tindakan pertolongan selanjutnya. Prinsip dari tindakan penilaian dini adalah cepat, tepat, dan sederhana. Jadi lakukan penilaian dini dengan akurat dalam waktu singkat. O,iya hal paling penting yang sering dilupakan oleh penolong, pastikan diri penolong aman sebelum menolong, jangan sampai jadi bertambah korbannya.

Tidak hanya itu, kak Gery pun mengingatkan kembali tentang layanan kegawatdaruratan medis yang disediakan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bekerja sama dengan PMI Koya Yogyakarta, sarana kesehatan, dan pihak terkait yang disebut YES 118 atau Yogya Emergency Services 118. Bagaimana cara menghibungi YES 118? Mudah saja tinggal telepon 118 atau 0274 420 118.

Sayang, lagi-lagi perjumpaan kali ini pun harus dibatasi oleh waktu. Jangan kecewa ya kak, kesempatan berikutnya undang SBH Kota Yogyakarta lagi, biar kita bisa sharing-sharing ilmu lagi 🙂 Semoga 60 menit waktu yang disediakan bisa mempberikan manfaat ya kak.

Jangan menunda untuk menolong kak!

Selalu siap kapanpun dan dimanapun 🙂 (Ry)