Profil

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada yaitu salah satu jenis Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kesehatan.

Tujuan dibentuknya Saka Bakti Husada adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang kesehatan yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Pembinaan Saka Bhakti Husada berada dibawah naungan Gerakan Pramuka yang bekerjasama dengan Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, PMI, Rumah Sakit, dan juga Lembaga Kesehatan Profesional lainnya.

Saka Bakti Husada bersifat terbuka bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, baik putra maupun putri yang berasal dari gugusdepan di wilayah ranting atau cabangnya sehingga pemuda yang berusia antara 16 sampai 25 tahun, dapat menjadi anggota Saka Bakti Husada dengan ketentuan bahwa yang bersangkutan dalam waktu 1 (satu) bulan setelah menjadi anggota Saka Bakti Husada wajib menjadi anggota gugusdepan Gerakan Pramuka dan selanjutnya menempuh Syarat Kecakapan Umum dan dilantik sesuai dengan golongan keanggotaannya.

Saka Bakti Husada berfungsi sebagai:

  1. Wadah pendidikan dan pembinaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan di bidang kesehatan.
  2. Sarana untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif.
  3. Sarana untuk melaksanakan bakti kepada masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Sarana untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Saka Bakti Husada memiliki 6 (enam) krida yang terdiri dari :

  1. Krida Bina Lingkungan Sehat
  2. Krida Bina Keluarga Sehat
  3. Krida Pengendalian Penyakit
  4. Krida Bina Obat
  5. Krida Bina Gizi
  6. Krida Bina PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

Sasaran dibentuknya Saka Bakti Husada adalah agar para anggota Gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan Saka tersebut:

1. Memiliki pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam bidang kesehatan, khususnya tentang :

  • Lingkungan Sehat
  • Keluarga Sehat
  • Penanggulangan Penyakit
  • Gizi
  • Obat
  • Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

2. Mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan kepada para anggota Pramuka di gugus depan (gudep) masing-masing.
3. Memiliki sikap dan perilaku hidup sehat serta menjadi contoh bagi teman sebaya, keluarga dan masyarakat di lingkungannya.

4. Mau dan mampu menyebarluaskan informasi kesehatan tersebut di atas kepada masyarakat.

Saat ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 154.A Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Satuan Karya ini.