share on:

 

Semakin banyaknya penyakit yang menyebar luas di masyarakat Indonesia, menjadikan negara ini waspada oleh dampak buruk yang ditimbulkan. Pentingnya kesadaran akan dampak penyakit terhadap kesehatan dalam kehidupan masyarakat membutuhkan banyak kader kesehatan yang dapat memberikan penyuluhan dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya pencegahan dan penanggulangan penyakit. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan bagi generasi muda untuk selalu mengasah pengetahuan tentang kesehatan baik keadaan biasa maupun keadaan darurat. Salah satu kegiatan yang dapat mengasah kemampuan generasi muda dalam memahami pengetahuan tentang kesehatan ialah melalui ajang lomba berbasis ilmu kesehatan, sehingga generasi muda termotivasi dan tergantung untuk terus belajar guna meningkatkan pengetahuannya, khususnya dalam bidang penyehatan dan penanggulangan penyakit.

Saka Bakti Husada dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melambangkan norma hidup sehat bagi semua anggota masyarakat di lingkungannya. Satuan Karya Pramuka (Saka) bakti Husada yang merupakan wadah pengembangan, pengetahuan, pembinaan, keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberi kesempatan untuk membaktikan diri generasi muda kepada masyarakat dalam bidang kesehatan merasa berkewajiban untuk terus membina generasi muda agar terus belajar dan dapat menjadi contoh berperilaku sehat dalam masyarakat.

Salah satu wujud dari kegiatan yang dapat membangun kader muda di bidang kesehatan adalah dengan adanya kegiatan Lomba Krida, dimana pada tahun ini, lomba krida mengusung tema :

“Pramuka Cerdas dan Tanggap Penyakit Sejak Dini”

Dimana tujuan  dalam tema kali ini ialah untuk mengetahui tingkat pemahaman remaja tentang penanggulangan penyakit, dan meningkatkan kesadaran dan partisipasi generasi muda tentang pencegahan dan penaggulangan penyakit dalam kehidupan sehari-hari.

share on: