share on:

IMG-20160729-WA0000

PETUNJUK TEKNIS

LOMBA KRIDA SBH TINGKAT SMP DAN SMA

SAKA BAKTI HUSADA KWARTIR CABANG KOTA YOGYAKARTA

TAHUN 2016

  1. LATAR BELAKANG

Pentingnya kesehatan dalam kehidupan masyarakat membutuhkan banyak kader kesehatan yang dapat memberikan penyuluhan dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari–hari. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan bagi generasi muda untuk selalu mengasah pengetahuan tentang kesehatan baik untuk keadaan biasa maupun keadaan darurat. Salah satu contoh kegiatan yang dapat mengasah kemampuan generasi muda dalam memahami pengetahuan tentang kesehatan ialah melalui ajang lomba, sehingga generasi muda termotivasi dan tertantang untuk terus belajar guna meningkatkan pengetahuannya, khususnya dalam bidang kesehatan.

Saka Bakti Husada dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota masyarakat di lingkungannya. Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada yang merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri generasi muda kepada masyarakat dalam bidang kesehatan merasa berkewajiban untuk terus membina generasi muda agar terus belajar dan dapat menjadi contoh berperilaku hidup bersih dan sehat dalam masyarakat.

Salah satu wujud tanggung jawab yang besar kaitannya dengan proses pembangunan generasi muda dalam bidang kesehatan. Berkenaan dengan hal tersebut, maka Pimpinan Saka Bakti Husada membentuk sebuah Panitia Kerja melalui Dewan Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Kota Yogyakarta untuk mengadakan kegiatan Lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA sederajat se–Kota Yogyakarta.

 

 NAMA KEGIATAN

“Lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA / sederajat se–Kota Yogyakarta”

 

 TEMA KEGIATAN

Jiwa yang Sehat Membangun Karakter Bangsa yang Kuat

 TUJUAN

Adapun tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk :

  1. Mengetahui tingkat pemahaman remaja terhadap kebugaran tubuh.
  2. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi generasi muda dalam bidang kesehatan.
  3. Meningkatkan kesadaran remaja tentang pentingnya PPGD dalam dunia nyata.
  4. Mempersiapkan generasi muda yang dapat menolong diri sendiri, teman, dan orang lain untuk hidup sehat.

BENTUK KEGIATAN

Dalam lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA / sederajat se-Kota Yogyakarta terdapat 3 bidang lomba untuk SMP dan SMA / sederajat, yaitu :

  1. Simulasi PPGD
  2. Penyuluhan
  3. Senam

Penjelasan tentang masing – masing lomba dapat dilihat pada lampiran.

 

 WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

  1. Pendaftaran Kegiatan :

Tanggal           : Sejak diterima surat sampai tanggal 21 Agustus 2016

Waktu             : Senin – Sabtu pukul 15.00 – 17.30 WIB

Minggu pukul 09.00 – 15.00 WIB

Tempat            : Sanggar Bakti Saka Bakti Husada

Jl. Pringgokusuman No 30 Yk

 

  1. Technical Meeting :

Tanggal           : Sabtu, 13 Agustus 2016

Waktu             : 14.00 WIB

Tempat            : Aula Puskesmas Gedongtengen Yogyakarta

Jl. Pringgokusuman No 30 Yk

 

  1. Pelaksanaan Kegiatan :

Tanggal           : Minggu, 21 Agustus 2016

Waktu             : 07.00 WIB – selesai

Tempat            : Balaikota Yogyakarta

Jl. Kenari No 56 Yogyakarta

 

PESERTA

Sasaran peserta kegiatan ini adalah siswa – siswi perwakilan dari SMP dan SMA sederajat se – Kota Yogyakarta.

 

PENGHARGAAN

Dalam setiap bidang lomba diambil 3 juara, penghargaan yang akan diperoleh oleh peserta antara lain:

  • Piagam untuk seluruh peserta.
  • Piagam, Hadiah Lomba dan Trophy bagi juara I, II, dan III.

ALAMAT PENYELENGGARA

Sekretariat Lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA / sederajat se-Kota Yogyakarta Tahun 2016

Saka Bakti Husada Kwartir Cabang 1205 Kota Yogyakarta

Sanggar Bakti SBH, Puskesmas Gedongtengen

Jalan Pringgokusuman no 30 Yogyakarta

Website :http://sakabaktihusada-jogja.or.id

CP :

 

Alvin Sadewa (088216101899)

 

SUSUNAN ACARA

07.00 – 08.00      Daftar Ulang

08.00 – 08.30      Upacara Pembukaan

08.30 – 12.00      Pelaksanaan Lomba

12.00 – 13.00      ISHOMA

13.00 – 15.30      Pelaksanaan Lomba

15.30 – 16.30      Upacara Penutupan dan penyerahan thropy

 

PENUTUP

Demikian proposal kegiatan ini dibuat sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan bagi panitia dan bahan pertimbangan bagi pihak–pihak terkait. Atas dukungannya kami ucapkan terimakasih.

 

 

Yogyakarta, 21 Juli 2016

 

                    Ketua Panitia

Alvin Sadewa

Sekretaris Panitia

 

 

 

Asa Salsabila

 

Mengetahui

Pimpinan Saka Bakti Husada

Kwarcab 1205 Kota Yogyakarta

 

drg. Arumi Wulansari, MPH

12.05.17.001

 


Lampiran 1

KETENTUAN

LOMBA KRIDA SBH TINGKAT SMP DAN SMA

SAKA BAKTI HUSADA KWARTIR CABANG KOTA YOGYA KARTA

TAHUN 2016

 

KETENTUAN UMUM

Dalam Lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA / sederajat se-Kota Yogyakarta Tahun 2016 ini terdapat beberapa ketentuan secara umum, yaitu :

  1. Setiap tim terdiri dari 10 (sepuluh) orang yang masih aktif sebagai pelajar di SMP dan SMA di Kota Yogyakarta dengan dibuktikan melalui surat mandat dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau Kesiswaan. Adapun pembagian peserta adalah :
    • 6 orang mengikuti Lomba Simulasi Pertolongan Pertama
    • 1 orang mengikuti Lomba Penyuluhan dengan Alat Peraga
    • 3 orang mengikuti Lomba Cerdas Cermat Kesehatan
  2. Anggota tim bukan merupakan warga Saka Bakti Husada Kota Yogyakarta.
  3. Setiap tim wajib mengikuti semua macam lomba.
  4. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Dewan juri terdiri dari beberapa kalangan, yaitu :
    • Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta
    • Praktisi
    • Instruktur Saka Bakti Husada
  6. Pendaftaran :

Pendaftaran Lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA / sederajat se-Kota Yogyakarta Tahun 2016 tidak dikenakan biaya. Berkas – berkas pendaftaran diantar langsung ke Sekretariat Lomba Krida Saka Bakti Husada Tingkat SMP dan SMA / sederajat se-Kota Yogyakarta Tahun 2016.

Berkas – berkas tersebut yaitu,

  • Formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap
  • Surat mandat dari sekolah
  • Photo copy identitas meliputi Kartu Pelajar dan KTA Pramuka ( jika ada ).

 

 

KETENTUAN KHUSUS

 

SIMULASI PPGD

  1. Ketentuan Peserta
  1. Lomba Krida PPGD diikuti oleh Perwakilan masing-masingPangkalan/Sekolah.
  2. Tiap Pangkalan/Sekolah terdiri dari 5orang yang tergabung dalam satu Tim/Regu, dengan Komposisi Bebas (Putra-Putri).
  3. Peserta TIDAK DI PUNGUT BIAYA Pendaftaran/Gratis.
  4. Peserta mengenakan Pakaian Lapangan TANPA IDENTITAS (logo,tulisan,kode,lambang) SEKOLAH.
  5. Peserta WAJIB mengenakan Tanda Pengenal/Tanda Peserta Kegiatan, yang telah disediakan oleh panitia.
  6. Peserta membawa/menyediakan sendiri Perlengkapan yang telah ditentukan oleh Dewan Juri.
  7. Setiap Peserta harus Siap menjadi PENOLONG maupun KORBAN pada kegiatan ini.
  8. Daftar Personel dalam 1 regu Peserta tidak boleh ditukar mulai Tahap karantina (pos 1)sampaidengan pos 4, dengan alasan apapun.
  9. Peserta dilarang membawa HANDPHONE mulai Karantina (pos 1) sampaidengan Pos Terakhir (pos 4) Lomba PPGD.
  10. Peserta dilarang didampingi/berkomunikasi tentang materi Lomba dengan Pelatih,Instruktur,Guru, dan sejenisnya dengan alasan apapun (Foto, Konsumsi dan lain-lain) dari mulai Karantina (pos 1) sampaidenganPos 4.
  11. Juri lapangan berhak menghentikan sesi Lomba bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diluar rencana (marabahaya,keributan, kedaruratan, gangguan cuaca dan lain-lain)
  12. Semua Peserta WAJIB menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran Pelaksanaan Lomba.

*Setiap Pelanggaran atas Ketentuan di atas di kenakan Pengurangan Nilai  s/d  di Gugurkan sebagai Peserta.

 Perlengkapan Peserta

  1. Tas PP yg berisi minimal :                                                                                                                                               Obat bebas dan Bebas terbatas (merk bebas).
  • Analgesik-Antipiretik (pengurang rasa sakit-panas).
  • Antihistamin (anti alergi).
  • Antasida (pereda nyeri lambung).
  • Antipasmodik (pereda nyeri haid, ketegangan otot polos).
  • Antitusif (obat batuk).
  • Antiseptik-Disinfektan (pembersih luka-pencegah infeksi-sabun): alkohol, bethadine, revanol,sabun.
  • Obat tetes mata.
  • Obat luka bakar.
  • Balsam/ minyak Gosok hangat.

 

Penutup Luka & Pembalut :

  • Kapas Putih                         : 25 gram.
  • Cottonbad             : 1 bungkus.
  • Pembalut Gulung/Pita                      : 2 gulung.
  • Mitella/Pembalut Segitiga             : 10 lembar.
  • Kasa Steril             : 10 buah.
  • Pembalut Wanita             : 5 buah.
  • Plester Gulung                         : 1 gulung.
  • Tensoplast/hansaplas/sejenis                         : 5 buah.
  • Bidai/Spalk kayu             : 1 set.

Alat Pengaman Diri ( APD )

  • Sarung tangan Latek/karet : 1 pasang per orang.
  • Masker Disposible utk Penolong                     : 1 buah per orang.

Peralatan Kerja & Pendukung :

  • Gunting kecil.
  • Senter kecil.
  • Jam/Arloji/Alat ukur waktu.
  • Oksigen Portable/Oxycan             : 1 botol
  • Peniti             : 10 buah
  • Kartu Luka             : 10 lembar
  • Alat tulis.
  • Perlengkapan Tandu Darurat             : 1 set
  • Selimut hangat.
  • Ponco/Jas Hujan : 1 buah
  • Webbing 4meter-an                                            : 2 buah
  • Bendera Palang Merah/Palang Hijau/PPPK+Tongkat : 1 buah

 

Teknis Pelaksanaan

  1. Peserta kumpul di lokasi padapukul 08.00WIB, sesuai Ketentuan Dewan Juri.
  2. Peserta melakukan daftar ulang dan mendapat Nomor Dada/Nomor Peserta dari Panitia.
  3. Peserta akan diberikan Pengarahan oleh Dewan Juri.
  4. Peserta akan dikumpulkan di ruang/tempat karantina.
  5. Peserta harus melalui 4 POS secara berurutan & sesuai Instruksi Dewan Juri, yaitu:
    1. POS Karantina :
      1. Peserta mengambil nomor urut.
      2. Peserta menunggu giliran sesuai nomor urut.
    2. POS I (Pos Pengecekan):
      1. Cek Perlengkapan.
      2. Cek Personel.
    3. POS II (Praktek Penanganan Kasus) :
      1. Dilaksanakan dengan batas waktu selama 10 menit tanpa perpanjangan waktu.
      2. Peserta akan mendapatkan Undian soal kasus.
  • Peserta melakukan Tindakan Pertolongan sesuai Prosedur bertahap:

– Assesment

– BHD ( Bantuan Hidup Dasar )

– Perawatan Luka / Cedera

  1. POS III (Evakuasi):
    1. Dilaksanakan dengan batas waktu selama 15 menit tanpa perpanjangan waktu.
    2. Peserta melakukan Evakuasi dengan urutan :

– Pengangkutan dengan Alat/Tandu darurat.

– Halang Rintang.

  1. POS IV (Serah terima Pasien/Korban ke Ambulance):
    1. Dilaksanakan dengan batas waktu selama 5 menit tanpa perpanjangan waktu.
    2. Peserta melakukan serah terima Pasien / Korban ke Ambulance sesuai prosedur.
  2. Setelah melewati Pos IV, peserta kembali ke ruang/tempat karantina menunggu Instruksi

Penilaian Dan Pemenang

  1. Penilaian meliputi aspek : SAFETY, KETEPATAN & KECEPATAN
  2. Nilai yg diberikan 0 – 100 point pada Tiap Pos & Tiap aspek Penilaian.
  3. Hasil akhir penilaian merupakan kalkulasi nilai total dari 4 POS.
  4. Pemenang dan Juara di tentukan dari Rangking Nilai tertinggi dari Idan II, serta diumumkan pada Upacara Penutupan.
  5. Keputusan JURI tidak dapat di Ganggu gugat.

 

 

PENYULUHAN

Ketentuan Peserta

  1. Lomba Krida Penyuluhan diikuti oleh Perwakilan masing-masing pangkalan/sekolah.
  2. Tiap Pangkalan terdiri dari 2 orang yang tergabung dalam satu tim/regu, dengan komposisi bebas (putra-putri).
  3. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
  4. Peserta mengenakan pakaian Lapangan TANPA IDENTITAS (logo, tulisan, kode, lambang) SEKOLAH.
  5. Peserta wajib mengenakan tanda pengenal/Tanda peserta kegiatan, yang telah disediakan oleh panitia.
  6. Peserta membawa/menyediakan sendiri perlengkapan yang telah ditentukan oleh Dewan Juri.
  7. Setiap peserta harus siap untuk memberi Penyuluhan pada kegiatan ini.
  8. Peserta dilarang didampingi/berkomunikasi tentang materi lomba dengan pelatih, instruktur, Guru, dan sejenisnya
  9. Semua peserta WAJIB menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran pelaksanaan l
  10. Juri lapangan berhak menghentikan sesi Lomba bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diluar rencana (marabahaya, keributan, kedaruratan, gangguan cuaca dan lain-lain.

*Setiap Pelanggaran atas ketentuan diatas dikenakan pengurangan Nilai s/d di Gugurkan sebagai peserta.

Perlengkapan Peserta

Alat menggambar (Pensil, Pewarna, Buku Gambar A3, krayon, spidol, dll) sesuai   kebutuhan

 

Teknis Pelaksanaan

  1. Peserta kumpul dilokasi pada pukul 08.00 WIB, sesuai ketentuan dewan juri.
  2. Peserta melakukan daftar ulang dan mendapat Nomor Dada/Nomor peserta dari Panitia.
  3. Peserta akan diberikan pengarahan oleh dewan juri
  4. Dilaksanakan dengan batas waktu selama 90 menit tanpa perpanjangan waktu
  5. Selanjutnya Penilaian Gambar oleh Dewan juri
  6. Dipilih 5 Tim/regu terbaik untuk maju ke Tahap selanjutnya
  7. 5 tim tersebut mempresentasikan karyanya, dengan waktu 10 menit/tim.

Penilaian dan Pemenang

  1. Penilaian meliputi : KEJELASAN, KETEPATAN & KEINDAHAN
  2. Nilai yang diberikan 0 – 100 point pada Hasil Gambar
  3. Nilai yang diberikan 0 – 100 point pada proses Penyuluhan
  4. Hasil akhir penilaian merupakan kalkulasi nilai total dari Hasil Gambar & Penyuluhan
  5. Pemenang dan juara ditentukan dari Rangking nilai tertinggi dan langsung diumumkan pada upacara Penutupan.
  6. Keputusan JURI tidak dapat di Ganggu gugat.

 

Lampiran 2

FORMULIR PENDAFTARAN

LOMBA KRIDA SBH TINGKAT SMP DAN SMA

SAKA BAKTI HUSADA KWARTIR CABANG KOTA YOGYA KARTA

TAHUN 2016

 

DATA UMUM

 

ASAL SEKOLAH  

 

ALAMAT SEKOLAH  

 

GUGUS DEPAN Telp./HP
 

DATA PESERTA

 

NAMA PESERTA KELAS LOMBA YANG DIIKUTI
1. PENYULUHAN
2. SIMULASI PPGD
3. SIMULASI PPGD
4. SIMULASI PPGD
5. SIMULASI PPGD
6. SIMULASI PPGD
7. SIMULASI PPGD
8. CERDAS CERMAT KESEHATAN
9. CERDAS CERMAT KESEHATAN
10. CERDAS CERMAT KESEHATAN

Demikianlah FORMULIR  ini kami isi dengan sebenar-benarnya.

 

Yogyakarta, …………………. 2016

Kepala Sekolah,

 

 

(………………………………………………)

 

NB: Harap mengisi formulir dengan huruf kapital.

share on: