Gang Melati, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta, D. I. Yogyakarta - 55173
+6285327840120
info@sakabaktihusada-jogja.or.id

HUT ke-73 Indonesia

Ikhlas Bakti Bina Diri Menuju Hidup Sehat

HUT ke-73 Indonesia

(17/8) Jumat, pada tahun ini dibulan kemerdekaan, Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun ke-73. Tahun ini berbeda dengan tahun sebelum, hal ini dikarenakan pada hari berikut Indonesia menyambut pembukaan Asian Games XVIII.

 

Bertepatan dengan hal tersebut, maka logo HUT ke-73 disesuaikan dengan peristiwa yang akan datang tersebut.

 

Logo HUT ke-73 RI ini terinspirasi dari kata ‘kerja’ dan ‘energi’, dimana kata ‘kerja’ berarti adanya pergerakan/aktif, dan kata ‘energi’ berarti tenaga atau daya untuk bekerja, pancaran.

 

Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Dibawah logo HUT ke-73 RI terdapat tulisan ‘Kerja Kita Prestasi Bangsa’.

 

‘Kerja’ dan ‘energi’ pada logo itu digambarkan dengan bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia (Asian Games XVIII).

 

Logo HUT RI KE-73 

 

 

(16/8) Setiap Tahun pada malam 17 Agustus di sebagian tempat di Indonesia dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Dalam apel ini salah satu peserta yang turut serta ialah Pramuka.

 

Saka Bakti Husada Kota Yogyakarta sebagai bagian dari Pramuka Kwartir Cabang 1205 kota Yogyakarta turut serta dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Makam Taman Pahlawan. Tujuan dari Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini, agar mengingatkan kembali para generesi kini tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Selain Apel, dilakukan juga penyalaan lilin pada tiap-tiap nisan Pahlawan di TMP. Penyalaan lilin ini memiliki makna perjuangan yang tak pernah meredup dan sebagai perenungan akan usaha kerja keras kala itu dalam mewujudkan kemerdekaan.

 

 

(17/8) Peringatan 17 Agustus selalu dirayakan dengan menggelar upacara kemerdekaan yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Saka Bakti Husada kota Yogyakarta, sebagai satuan karya yang bergerak di bidang kesehatan di bawah bimbingan dari Dinas Kesehatan kota Yogyakarta, bertugas sebagai Tim Kesehatan. Di mana lokasi tugas di bagi ke dalam dua tempat, Gedung Agung Yogyakarta dan Balai Kota Yogyakarta. Tugas ini dilakukan di pagi hari (pengibaran) dan di sore hari (penurunan).

 

 

 

referensi laman :

 

https://www.setneg.go.id/baca/index/pedoman_peringatan_hari_ulang_tahun_ke_73_kemerdekaan_republik_indonesia_tahun_2018
Diakses pada 17 Agustus 2018, 01.00 PM