share on:
1503334_785361254865610_1271543265117417755_n
Salah satu kegiatan saat Bakti Sosial (foto by Pusat Alat Bantu Dengar)

Selama 2 hari berturut-turut, SBH bersama relawan PMI dan mahasiswa di Kota Yogyakarta, membantu jalannya kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh PT. ABDI. Kegiatan pada tanggal 2 – 3 Februari ini berlangsung di Auditorium Rumah Sakit Panti Rapih. Agenda utamanya adalah donasi alat bantu dengar secara cuma-cuma kepada mereka yang membutuhkan. Dalam kegiatan ini PT. ABDI bekerja sama dengan Starkey Hearing Foundation, sebagai penyedia alat bantu dengar.

PT. ABDI merupakan cabang dari The Hearing Solution Group yang berdiri di Indonesia. The Hearing Solution Group adalah penyedia pusat pelayanan kesehatan pendengaran. Pelayanan yang dilakukan mulai dari konseling sampai pemeriksaan audiologi. ABDI sendiri merupakan singkatan dari Alat Bantu Dengar Indonesia.

Dalam 2 hari, kegiatan donasi alat bantu dengar dimulai pukul 08.00 hingga selesai, kurang lebih sekitar pukul 16.00. Untuk berpartisipasi, pasien terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui PT. ABDI beberapa hari sebelum kegiatan berlangsung. Mengawali kegiatan, seluruh relawan dan panitia pelaksana berdoa dan meneriakkan jargon – tentu saja dengan suara yang hanya bisa didengar oleh relawan dan panitia pelaksana – Ada yang unik saat melakukan jargon. Seluruh nama institusi disebut, tidak lupa nama Saka Bakti Husada. Teriakan nama PT. ABDI merupakan pertanda dimulainya kegiatan donasi alat bantu dengar.

Secara umum, terdapat 6 phase yang harus dilalui pasien. Phase pertama adalah heregistrasi pasien. Phase kedua adalah pemeriksaan kondisi telinga. Phase ketiga adalah pengisian data pasien dengan formulir yang telah disediakan. Phase keempat adalah pencetakan telinga. Phase kelima adalah pelepasan cetakan telinga. Dan yang terakhir adalah registrasi akhir.

Walaupun pelaksanaannya di Yogyakarta, ternyata ruang lingkupnya mencapai Solo loh! Itulah yang menjadi pertimbangan pelaksanaan kegitaan dilakukan selama 2 hari. Kegiatan bakti sosial oleh PT. ABDI sendiri rutin diadakan setiap tahunnya. Jadi beritahu orang-orang disekitarmu yang membutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi PT. ABDI melaui website di www.pusatalatbantudengar.com atau melaui akun resmi facebook di https://www.facebook.com/pusatalatbantudengarindonesia dan like fanpage nya di https://www.facebook.com/discoverbetterhearing.

Seperti warna dresscode yang digunakan selama 2 hari ini oleh pelaksana, yaitu merah. Semoga kobaran semangat untuk membantu yang membutuhkan tidak pernah padam. Semangat juga untuk Saka Bakti Husada Kota Yogyakarta! Kobarkan terus semangatmu! So The World May Hear! J (Ry)

share on: